6/30/2015

IKPPM dan Bagaimana Peranan Pemuda Dalam Masyarakat


IKPPME

IKPPM ( Ikatan Keluarga Pemuda Pelajar dan Mahasiswa ) merupakan organisasi paguyuban dari tiap-tiap kecamatan sekabupaten sumbawa dibawah naungan FKPPMS ( Forum Komunikasi Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Samawa-mataram ) IKPPM merupakan sayap yang sempurna dalam hal mengembangkan potensi diri mahasiswa mengingat elemen masyarakat yang satu ini bebas dari kepentingan apapun.

Tidak jarang juga jebolan-jebolan dari ikppm dapat berkiprah dengan baik di FKPPMS dan mampu bersaing ditingkat regional maupun nasional. Mengingat pentingnya peranan pemuda dalam kehidupan bermasyarkat ikppm merupakan refresentatif masyarakat dan diharapkan mampu secara terus-menerus melahirkan generasi-generasi yang nantinya akan menjadi pilar-pilar tangguh yang akan terus membangun dan ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan daerah.

IKPPM adalah organisasi struktural yang mewakili setiap kecamatan sekabupaten sumbawa, secara formal ataupun non formal setiap mahasiswa akan tergabung dalam organisasi ini sesuai dengan asal mereka masing-masing sehingga dalam hal keanggotaan organisasi ini tidak pernah mengalami kesulitan. Bahkan tidak jarang organisasi ini juga ikut berpartisipasi pada kegiatan yang diadakan oleh FKPPMS sendiri ataupun HIPMASBAR ( Himpunan Mahasiswa Sumbawa Barat ) yang diadakan dimataram, juga beberapa even-even yang digelar oleh pemerintah provinsi dan lain sebagainya.

Ikppm juga biasanya mengadakan kegiatan-kegiatan pada tinggat regional yang bersifat sosial guna tetap menjaga solidaritas keanggotaan dan mencoba memberikan solusion of problem kepada masyarakat lewat kegiatan yang elegan serta memotivasi masyarakat seraya memberi pemahaman tidak lansung tentang eksistensi dan peran pemuda dalam kehidupan bermasyarakat.


IKPPM


Layaknya paguyuban lain secara formal IKPPM juga memiliki garis koordinasi yang jelas antar sesama pengurus hal ini menunjukan adanya stabilitas yang terjadi didalam organisasi yang dinilai sudah ada sejak 90-an itu.

Struktul Kepengurusan IKPPM meliputi

Ketua        : Sebagai penanggung jawab penuh terhadap organisasi
Sekjen       : Membantu ketua dalam hal administrasi organisasi
Bendahara : Sebagai penanggung jawab keuangan
Humas       : Penyambung lidah organisasi

Dari paparan diatas sekiranya sudah tergambar dalam benak pembaca apa dan bagaimana peran paguyuban kecil ini dalam kehidupan bermasyarakat sumbawa. untuk itu adalah kewajiban kita bersama sebagai pemuda, pelajar, dan mahasiswa yang secara etnis berasal dari kabupaten sumbawa untuk tetap memupuk solidaritas dalam sebuah wadah kecil bernama ikppm.

Sumbawa, 30 Juni 2015


Artikel Terkait

Pelajar, Pejalan, Penikmati Kopi Hitam.